Warga Sumber Rejo Protes Air Mampet, Kapolsek Pakal Polrestabes Surabaya Lakukan Mediasi

Polrestabes Surabaya (19/06/2018) : Amarah warga RW 07 dan RW 08 Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Pakal, Surabaya kembali meluap.

Pasalnya, air yang berasal dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surabaya, tidak lagi mengalir di wilayah tersebut selama kurang lebih satu bulan.

Warga pun kemudian melakukan aksi dengan memblokade jalan akses menuju TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah.

Akibatnya, sekitar 8 unit truk yang sedianya hendak membuang sampah ke lokasi tersebut terhalang.

“Aksi blokade terjadi kurang lebih selama satu jam,” ujar Kapolsek Pakal, Kompol Subagyo.

Subagyo menjelaskan, mulanya warga datang dengan mengendarai sekitar 50 kancil. Warga menuntut aliran air PDAM agar mengalir ke Pemukiman RW 07 RW 08.

Melihat aksi warga, Subagyo kemudian melakukan mediasi dengan koordinator lapangan ketua LPMK, Suharto serta menghimbau warga membuka blokade jalur masuk TPA.

Selanjutnya Subagyo menghubungi direktur pelayanan dan operasional PDAM, Anizar Firmadi sehubungan dengan adanya tuntutan dari warga RW 07 dan RW 08.

Menanggapi aksi warga dan koordinasi yang dilakukan Kapolsek Pakal, pihak PDAM kemudian mendatangkan 2 unit kendaraan PDAM dan melakukan perbaikan di Tambak Dono.

“Untuk mengantisipasi aksi yang berkelanjutan, maka kami bersama anggota mengawal pelaksanaan pengerjaan perbaikan saluran PDAM ke warga RW 07 dan RW 08,” pungkas Subagyo.***cda

Laporan : Kasi Humas Polsek Pakal.

Editor : Saiful.