Tekan Angka Kecelakaan Di Surabaya, Polrestabes Surabaya Gelar Operasi Zebra Semeru 2018

Surabayaraya.com – Dalam rangka menekan angka kecelakaan di Kota Surabaya, Kepolisian mengadakan kegiatan Operasi dalam rangka Cipta Kondisi dengan sandi Operasi Zebra Semeru 2018. Kegiatan Operasi ini merupakan kegiatan terpusat yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober s/d 12 Nopember 2018.

Jajaran Polda Jatim menggelar Operasi dengan sandi Operasi Zebra Semeru 2018 secara serentak dengan Pelaksanakan Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan pada hari ini Selasa 30 Oktober 2018. Bertempat di Halaman Polrestabes Surabaya, Apel Gelar Pasukan dipimpin Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, Selasa (30/10/18).

Pada kesempatan ini, Kapolrestabes Surabaya membacakan amanat dari Kepala Kops Lalu Lintas Polri (Kakorlantas Polri). Pada intinya Operasi Zebra Semeru 2018 ini digelar oleh Kepolisian khususnya Polisi Lalu Lintas dengan dibantu Satuan Fungsi yang lain dengan melibatkan unsur TNI dan Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

Ada tiga prioritas utama pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas di jalan raya diantaranya adalah melanggar rambu-rambu lalu lintas, melanggar batas kecepatan dan melanggar arus lalu lintas khususnya bagi pengendara roda dua.

Penegakan hukum dilakukan oleh Kepolisian dalam rangka memenuhi tujuan Operasi Zebra Semeru 2018, meningkatkan disiplin berlalu lintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta menurunkan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setawan mengatakan bahwa ini adalah sipta kondisi dalam mengahadapi Operasi Lilin 2018 yaitu pengaman Natal dan Tahun Baru 2019. Titik beratnya pada Keselamatan, ada beberapa penekanan dari Kakorlantas Polri untuk keselamatan yang pertama, tindak tegas pengendara yang berkendara sambil menggunakan HP, berpenunmpang lebih daripada 1 orang, melawan arus, tidak memakai helm standar dan berkendara melebihi batas kecepatan. Itu beberapa yang harus diperhatikan, “ujarnya.

“Kemudian saya menekankan tadi masalah sekarang terkait dengan kegiatan pemilu, untuk senantiasa dikomunikasikan dengan semua pihak, mulai dari pemerintah daerah/kota, para peserta pemilu bahwa kita ada operasi ini untuk keselamatan dan untuk dipahami. Kita minta pendampingan dari rekan TNI bahwa keselamatan ini milik semua warga, terutama warga Kota Surabaya. TNI, Polri warga biasa lainnya semua harus selamat,” ungkapnya.

Selain itu tujuan diadakannya Operasi Zebra Semeru 2018 ini adalah untuk menurunkan angka kecelakaan, meningkatkan buday tertib berlalu lintas serta meminimalisir fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Dengan penyematan tanda operasi yang dilaksanakan oleh Kapolrestabes Surabaya maka secara resmi pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2018 oleh Polrestabes Surabaya dimulai. Dihimbau kepada seluruh warga Kota Surabaya turut serta mensukseskan pelaksanaan Operasi Zebra ini dengan selalu tertib dan berkendara di jalan dan selalu mentaati aturan dan rambu-rambu lalu lintas.***fal

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*