Satreskrim Polrestabes Surabaya Bongkar Sindikat Pencurian Truk

2f843157-6688-472f-bacd-329b06d51671Surabayaraya.com, Polrestabes Surabaya (22/01/18) : Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Surabaya berhasil membongkar sindikat pelaku pencurian Truk yang beraksi di Kawasan Pergudangan Sukomanunggal Surabaya. Sedikitnya Polisi berhasil mengamankan 4 tersangka yang memiliki peranan masing-masing.

Keempat pelaku tersebut yakni TM (29), warga Tawangrejo Lamongan; SA (33), Sopir asal Jombang; AS (52), warga Demak; MN (36) warga Salaman Magelang. Keempat pelaku dibekuk karena terbukti mencuri sebuah Truk di Kawasan Pergudangan Sukomanunggal pada hari Sabtu 13 Januari 2018.

Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya, Kompol I Dewa Gede Juliana didampingi Kasubbag Humas mengatakan bahwa penangkapan pelaku berawal dari Informasi dari Pemilik Truk yang merasa kehilangan kendaraan miliknya pada hari Sabtu, 13 Januari 2017, sekitar pukul 22.30 WIB.

2cbd2249-6619-479e-a4bf-adf665acc329“Pada pagi hari, pemilik truk tidak mendapati kendaraannya. Kemungkinan awal Truk ini dibawah oleh Sopir Truk yang biasa mengendarainya. Setelah ditelusuri ternyata kendaraan tidak berada pada Sopir Truk yang dimaksud. Sehingga demikian Truk memang dinyatakan Hilang,” jelas Kompol Dewa.

Kompol Dewa menambahkan bahwa Polisi berusaha melakukan penelusuran terhadap sopir-sopir yang pernah bekerja di perusahaan tersebut. Ternyata benar, ada satu nama sopir truk yang dicurigai karena tiga hari sebelumnya berada di lokasi kejadian.

“Pelaku mengajak sejumlah orang untuk melakukan aksi pencurian Truk dengan membagi tugas,  ada yang bertugas mengambil kunci, memarkir kendaraan dan membawa kabur Truk hasil curian. Pada jam-jam yang disepakati yakni pada pagi hari aksi pencurian tersebut dilaksanakan,” imbuhnya.

fd5d3e73-e264-4bb6-ae7a-3797d2692ecaDari hasil penyelidikan polisi berhasil mengidentifikasi keberadaan pelaku yang ternyata benar membawa kabur sebuah Truk dan menjualnya di kawasan Wonogiri, Lalu dijual kembali di Kawasan Magelang dan terakhir Truk ditemukan sudah terbagi-bagi menjadi beberapa bagian dan tidak bisa dirangkai kembali.

“Dari keterangan pelaku, mereka melakukan pemotongan bagian-bagian kendaraan untuk diambil mesinnya dan dijual kembali besinya.  Selain itu penjagalan Truk ini juga berfungsi untuk menghilangkan jejak. Pelaku memang memiliki bengkel dan dari tangan pelaku juga ditemukan sejumlah plat nomor dari kawasan Purwodadi,” terangnya.

Kini Polrestabes Surabaya juga berkoordinasi dengan Polres setempat untuk melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut. Dari enam pelaku, Polrestabes Surabaya hanya mengamankan empat pelaku karena satu diantaranya sudah ditahan dalam kasus penipuan dan penggelapan di Polsek Bagor dan Satu lagi masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).***Day