Sampaikan Pesan Kamtibmas, Kapolsek Jambangan Cangkruk’an Kamtibmas dengan Warga

Polrestabes Surabaya (11/07/2018) : Sinergitas 3 pilar plus wilayah jambangan sobo warga dalam rangka menjaga kondusivitas wilayah sekali­gus mendekatkan Polri dengan rakyat. Yaitu, Blusu­kan Kampung dan menggelar Cangkruan Kamtibmas bersama masyarakat dan tokoh-tokoh.

Dengan tema Muspika sobo warga  berharap masyarakat bisa menyampaikan keluh kesah, saran dan kritik terkait dengan pelayanan Polri. Konsep dari program cangkruan kamtibmas ini  dikemas santai. Dimana mereka yang ikut, duduk santai atau lese­han seperti layaknya jagongan di pedesaan yang biasa dilakukan warga masyarakat pedesaan.

Dalam cangkruan kali ini, seluruh masyarakat yang hadir dipersilahkan menyampaikan uneg-unegnya pada polisi ataupun muspika Misalnya, masyarakat selama ini mengeluh­kan pelayanan polri , maka akan dijawab. Karena itulah dalam setiap cangkruan, dari pihak Polsek se­lalu membawa pejabat-pejabat terkait yang membidangi masing-masing satuan fungsi.

Kapolsek jambangan Kompol Khoirul Anam ST. menjelas­kan, menjemput bola seperti ini san­gat bagus untuk lebih mendekatkan Polri dengan masyarakat. Sehingga masyarakat menjadi lebih dekat den­gan Polri.

Kedekatan seperti itu yang nantinya diharapkan selalu bersinergi dan mem­berikan output yang baik. Khususnya dalam hal pelayanan Polri.

“Salah satu­nya, masyarakat bisa memberikan in­formasi sekecil apapun ketika nanti ada sesuatu hal yang terjadi di masyarakat. Khususnya, mengenai tindak kejahatan atau hal yang berhubungan dengan Kamtibmas. Ngobrol dengan masyarakat umum, kami ini jadi mengerti sebenarnya ba­gaimana penilaian mereka terhadap Polri. Selain itu, kami juga lebih ingin menjalin hubungan yang baik dengan mitra-mitra kami,” ungkap Kompol Khoirul Anam ST.

Konsep pendekatan yang dipilih me­mang tidak lepas dari nilai kearifan lokal dan mengedepankan keseder­hanaan.makna Cangkruan itu sangat luas dan luwes. Artinya, setiap kali pertemuan itu, ada hal-hal yang baru dan isu han­gat untuk selalu diperbincangkan.

Masyarakat bebas mengutarakan isu-isu atau pendapat. Bahkan pertanyaan terkait dengan kepolisian. Juga, sangat dimungkinkan masyarakat ber­tanya di luar tugas-tugas kepolisian. Misalnya masyarakat berharap atau in­gin membangun, tetapi komunikasinya dengan pemerintah tersumbat, Polri yang akan memfasilitasi.

Saling memberikan informasi dan tukar informasi adalah bentuk jalinan silaturahmi. Tentunya, komunikasi dan kepekaan sangat di perlukan. ” Meningkatkan sinergitas itu sangat penting,ucap Kapolsek jambangan

Cangkruan Kamtibmas antara warga dan Tiga Pilar Kamtibmas ini bentuk kerjasama tim antara pihak Polisi, TNI dan aparatur pemerintah. Permasalahan yang ada di desa bisa di musyawarahkan di tingkat desa untuk menjaga keamanan dan kenyamanan hingga tercipta suasana aman yang kondusif.***cda

Laporan : Kasi Humas Polsek Jambangan.

Editor : Saiful.