Roadshow ke-V Zona Integritas Polrestabes Surabaya

35 aPolrestabes Surabaya (17-04-2018) : Kegiatan Roadshow zona integritas terus di gaungkan oleh Polrestabes Surabaya, kali ini giat roadshow zona integritas yang ke V di wilayah Polsek rayon III (Polsek Gubeng, Mulyorejo dan Sukolilo) bertempat di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Kegiatan Roadshow tersebut di Pimpin oleh Wakapolrestabes Surabaya dan dihadiri oleh Kabag Ren, Kasat Lantas, Kasipropam dan para Kapolsek rayon III beserta perwakilan anggota dari masing-masing polsek 30 personel.

Acara diawali dengan paparan Kapolsek Mulyorejo Kompol Bagus Dwi tentang inovasi yang sudah dilakukan Polsek rayon III, dimana pada ruang pelayanan SPKT sudah dilengkapi dengan ruangan khusus untuk ibu menyusui dan di sediakan tabung oksigen apabila sewaktu-waktu ada masyarakat yang membutuhkan. Selanjutnya penjelasan pelayanan publik di sampaikan oleh Wakapolrestabes Surabaya, penjelasan teknis inovasi pelayanan publik disampaikan oleh Kasat Lantas Polrestabes Surabaya dan pengawasan internal yang di sampaikan oleh Kasipropam.

Kabag Ren Polrestabes Surabaya AKBP Sru Judaningati menyampaikan hasil penyusunan petunjuk teknis cara memperoleh WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani), adapun yang pertamakali lolos mendapaikan predikat WBK adalah Polres Gersik, Sidoarjo dan Jember pada tahun 2016. kemudian muncul perintah Kapolri harus ada Polrestabes yang ada di seluruh indonesia untuk bisa mendapatkan predikat WBK, pada awal Januari 2017 Polrestabes Surabaya mulai di nilai oleh Tim Penilai Internal terdiri dari unsur Kemenpan RB, KPK dan Ombudsman Republik Indonesia yang di bentuk pemerintah yang bertugas melakukan penilaian unit kerja dalam rangka memperoleh predikat menuju WBK / menuju WBBM.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Eva Guna Pandia menyampaikan teknis inovasi pelayanan publik dalam bidang satuan laulintas di satpas colombo/ tempat pengurusan surat izin mengemudi baik baru atau perpanjang. Adapun inivasi yang dilakukan adalah portal elektronik dimana yang boleh masuk hanya pemohon untuk ngantar atau yang tidak berkepentingan dilarang masuk. sedangkan untuk biaya pengurusan tidak ada biaya lain selain biaya PNBP (Penghasilan Negara Bukan Pajak) yang sudah di tentukan serta uji praktik yang sudah menggunakan komputer simulasi dimana apabila gagal akan mengulang pada tujuh hari kemudian.

Untuk proses pembutan (SIM) Surat Izin Mengemudi Baru di mulai dengan Pendaftaran dengan membawa KTP, KK dan Surat Keterangan Sehat sedangkan kalau perpanjangan ditambah dengan SIM yang lama yang belum mati, kalau seandainya SIM lama sudah mati sehari saja harus proses pembuatan SIM baru. Sedangkan untuk perpanjangan tidak harus di Colombo tetapi bisa juga di Taman Bungkul (Sim keliling) ada juga di Sim Corner yang berada di Tunjungan Plaza, Siola dan Super Mall. Serta inovasi yang baru di launcing oleh Polrestabes Surabaya Bus Suroboyo Sobo Kelurahan yang bisa melayani perpanjangan SKCK, Sim A dan C serta laporan polisi yang tidak memerlukan berita acara pemeriksaan.

Kasipropam Polrestabes Surabaya Kompol Kuncoro menyampaikan “predikat WBK yang sudah di peroleh Polrestabes Surabaya dengan susah payah bisah rusak apabila anggota melakukan pungutan yang tidak sah (pungli), menerima pemberian yang melebihi batas ketentuan (Gratifikasi), Menangani kasus yang terkait dengan kepentingan pribadi atau golongan (Benturan Kepentingan) dan tidak menerima masyarakat yang melapor atau bahkan di pimpong” Ujar Kasipropam

35Penekanan Wakapolrestabes Surabaya menjelaskan, maksud tujuan road show untuk mengenalkan dan mensosialisasikan Zona Integritas kepada jajran Polsek, yang mana dalam hal peningkatan kualitas pelayanan publik yang dilakukan oleh anggota polisi semakin meningkat dari waktu ke waktu secara terus menerus, khususnya pada wilayah Polrestabes Surabaya dan Polsek Jajarannya, sehingga kepercayaan masyarakat meningkat kepada Polri” Imbuh AKBP Pratomo Satriawan. ***Uno

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*