Polsek Tandes Polrestabes Surabaya Ingatkan Warganya Peduli Kamtibmas

IMG-20170514-WA0096_1Polrestabes Surabaya, 14/05/2017 : Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kamtibmas, Polsek Tandes Polrestabes Surabaya melalui Bhabinkamtibmas terus aktif mengajak warga peduli akan lingkungan sekitarnya.

Petugas Bhabinkamtibmas Polsek Tandes, Bripka Johan Permana mengungkapkan, belum maksimal karena kurangnya kontrol sosial dari masyarakat sehingga tindakan kriminal masih terjadi.

“Lemahnya kontrol sosial dapat terlihat dari sikap renggangnya hubungan antarwarga atau kurang peduli terhadap keadaan disekitarnya,” kata Kapolsek Tandes Kompol Sofwan melalui Bripka Johan, usai sambang warganya dikawasan Manukan Lor, Minggu (14/5/2017) siang.

Dia menjelaskan, sebagai contoh, jika melihat ada orang asing yang memasuki lingkungannya, warga sangat perlu menegurnya atau mempertanyakan identitas dan keperluannya. Karena bila ternyata warga pendatang bermaksud tidak baik, teguran yang dilakukan tersebut akan membantu mengurungkan sebuah niat tidak baik.

Ditambahkan Johan, kontrol sosial dalam masyarakat mulai berkurang seperti bila seorang warga menerima tamu yang tidak biasanya berada di dalam lingkungan setempat, tidak dilaporkan keperangkat kampung atau petugas keamanan setempat.

“Kita mengetahuinya jika sudah ada laporan tindakan kriminal. Jadi menandakan bahwa kepedulian dan kewaspadaan terhadap lingkungannya masih kurang. Aksi kriminal paling banyak terjadi di kawasan permukiman padat penduduk,” terangnya.

Di samping itu, Bhabinkamtibmas Kelurahan Manukan Kulon ini juga mengimbau masyarakat menggiatkan kegiatan keamanan lingkungannya dengan menjadi polisi bagi dirinya sendiri untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Hal ini karena keterbatasan petugas kepolisian, maka partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dengan menjadi polisi bagi dirinya sendiri akan sangat membantu tugas pihak keamanan,” jelas Johan.

Ia pun berharap dengan adanya masyarakat turut menjadi polisi bagi diri sendiri melalui keatifan bersikap peduli dan waspada akan dapat menjaga kamtibmas tetap aman dan melaporkan kejanggalan yang terjadi dengan segera pada Bhabinkamtibmas. (jetlee)