Polsek Sawahan Amankan Sidang Pra Pradilan Dahlan Iskan

situasi ruang sidang sebelum sidang dimulai

situasi ruang sidang sebelum sidang dimulai

Surabayaraya 22/11/16: Sidang pra pradilan Dahlan Iskan yang di laksanakan pada hari selasa tanggal 23 November 2016 pukul 09.00 wib, didatangi tiga bus massa pendukung dahlan iskan yang berasal dari pesantren sabilil mutaqin magetan.

Pesantren yang merupakan milik Dahlan Iskan tersebut, mendatangkan sekitar 150 orang. Tujuan massa pendukung mendatangi pengadilan adalah untuk memberikan dukungan pak dahlan dalam proses praperadilan.

Sekira pukul 10.00 wib bertempat di ruang cakra pengadilan negeri surabaya, sidang praperadilan penetapan tentang sah atau tidaknya penetapan tersangka oleh kejati jawa timur terkait kasus pelepasan aset PT. Panca wira usaha Dimulai dengan di ikuti oleh sekitar 60 orang pengunjung.

Sidang mengagendakan pemeriksaan saksi ahli dari pihak pemohon atas nama  Sdr. PRIJA JATMIKO, Dosen  Unibraw Malang menjelaskan prosedur terkait praperadilan dan norma-norma dalam sidang praperadilan sehingga ditetapkan sebagai tersangka.

Dan menurut keterangan jaksa bahwa praperadilan tersebut sebenarnya harus dinyatakan gugur, karena pemohon sudah dinyatakan sebagai terdakwa oleh pengadilan dan sudah ditetapkan jadwal persidangan pada tanggal 29 November 2016 di pengadilan Tipikor. Sekira jam 11.00 wib sidang ditunda untuk melaksanakan isoma.

Sekitar jam 13.15 wib sidang dilanjutkan kembali dengan agenda pemeriksaan 2 saksi ahli dari Termohon, yaitu 1). Adlan Fahliansyah, ahli hukum acara pidana, alamat Jakarta Pusat. 2). Dr. Pujiono SH., Mhum, Ahli pidana Unv. Diponegoro. Dan 1 saksi ahli dari pihak Pemohon atas nama Dr. Sholehuddin, SH., MH., dosen tetap unv. Bhayangkara Surabaya.

Dalam pemeriksaan saksi ahli 1 Atas nama Adlan Fahliansyah menjelaskan terkait pengertian penyelidikan dan penyidikan dan segala kewenangan penyidik dalam menangani kasus sehingga seseorang bisa ditetapkan oleh penyidik sebagai tersangka.

Dalam pemeriksaan saksi ke 2 atas nama Dr. Pujiono, SH., Mhum. Menjelaskan yang intinya tahapan-tahapan sesuai prosedur penyidikan, penahanan seseorang yang ditetapkan sebagai tersangka hingga pelimpahan berkas tindak pidana korupsi sampai ke pengadilan negeri Tipikor.

Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi ahli sari Pemohon atas nama Dr. Sholehuddin SH., MH., alamat delta sari indah, ahli pidana dosen tetap unv. Bhayangkara Surabaya.

Saksi menjelaskan yang intinya bahwa surat perintah penyidikan merupakan dasar proses langkah-langkah serangkaian tindakan penyidikan guna menentukan dan menetapkan seseorang sebagai tersangka.

Sidang berakhir sekira jam 16.05 wib dan dilanjutkan pada hari Rabu tanggal 23 November 2016 dengan agenda Kesimpulan dari kedua belah pihak yang dimulai sekitar jam 10.00 wib esok. ***chm