Polsek Lakarsantri Tangkap Karyawan Koperasi Yapusa

IMG-20180109-WA0036Polrestabes Surabaya, 09/01/2017 : Tim antibandit Polsek Lakarsantri, meringkus Sunarto (38), karyawan Koperasi Yapusa, beralamat di Jalan Sambiarum Lor II, Kelurahan Sambikerep Kecamatan Sambikerep. Sunarto terbukti menggelapkan uang koperasi sebesar Rp 50 juta.

Atas perbuatannya, pria asal Manukan Kulon, tersebut dilaporkan ke Polsek Lakarsantri oleh Dauli, karyawan Koperasi Yapusa. Sunarto akhirnya ditangkap di tempat kerjanya. Anggota juga menyita barang bukti buku catatan Dan kwitansi angsuran atau promes.

“Sunarto mengaku terpaksa menggelapkan uang koperasi karena terdesak kebutuhan hidup sehari-hari,” kata Kapolsek Lakarsantri Kompol Dwi Heri Sukiswanto, Selasa (09/01/2018).

Penggelapan dilakukan Sunarto pada Kamis, 21 Desember 2017 lalu, saat menjadi karyawan bagian penagihan dan pencari nasabah di koperasi. Selama bekerja, Sunarto dipegangi kwitansi oleh Koperasi Yapusa unntuk menagih uang angsuran kepada nasabah.

Ketika berhasil, Sunarto tidak menyetorkan uang tagihan kepada koperasi. Hingga tidak terasa, uang yan digelapkan mencapai Rp 50.000.000. Sunarto pun kebingungan. Perbuatannya terbongkar setelah pihak keuangan koperasi melakukan pemeriksaan audit dan ada beberapa nasabah yang sudah membayar tetapi uangnya tidak sampai ke koperasi.

“Setelah kami selidiki, ternyata sebagian nasabah sudah membayar ke tersangka. Tersangka kami interogasi juga mengakui perbuatannya,” tandasnya.

Atas perbuatannya, Sunarto pun dijerat pasal 372 atau 374 KUHP tentang penggelapan dalam jabatan dan ancaman hukuman lima tahun penjara. @ ars