Polrestabes Surabaya Siagakan 2500 Personil Amankan Peringatan Hari Buruh 1 Mei 2016

IMG_7402Surabayaraya 29/04/16 : Dalam rangka mengecek kesiapan Sarana dan Prasarana Polrestabes Surabaya serta Personilnya maka pada hari ini Jumat 29 April 2016 Polrestabes Surabaya menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan Hari Buruh (Mayday) pada hari Minggu, 1 Mei 2016 mendatang.

Bertindak sebagai Inspektur Apel Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs. Gatot Subroto dan Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya AKBP Anthon Hariyadi, SH, MH sebagai Komandan Apel. Kegiatan yang dihadiri Forkompinda Kota Surabaya, Pejabat Utama Polda Jatim dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dilaksanakan di Halaman Belakang Mapolrestabes Surabaya.

Dalam amanatnya Wakapolda Jatim menyampaikan bahwa Sesuai dengan Undang-undang No.9 tahun 1998 tentang Hak setiap warga negara untuk menyampaikan pendapat dimuka umum, maka sudah menjadi tugas Pokok Kepolisian untuk menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan unjuk rasa agar tidak merugikan pihak manapun.

Pelaksanaan Mayday kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan pelaksanaan mayday bertepatan pada hari minggu. Pada hari yang sama dilaksanakan Car Free Day dan Kegiatan Masyarakat yang lain sehingga memerlukan koordinasi terpadu antar stakeholder sehingga pelaksanakan mayday dapat berjalan aman dan lancar.

IMG_5461Apel Gelar Pasukan ini merupakan Bentuk Kesiapan Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya pada khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dalam hal ini kaum buruh yang akan menyampaikan aspirasinya pada 1 mei mendatang.

Sebelum menutup Amanatnya Wakapolda Jatim berpesan kepada seluruh personil pengamanan agar menjalin sinergitas antar instansi mulai dari TNI, Pemerintah Kota serta Pimpinan Perusahaan untuk bersama-sama menjaga kondusifitas selama kegiatan mayday berlangsung.

Tingkatkan fungsi Deteksi Dini untuk memonitor setiap perkembangan situasi di lapangan, berikan tindakan tegas kepada massa aksi yang bertindak anarkis namun tetap mempedomani Standar Operasiaonal Prosedur (SOP) yang sudah ditentukan.

Apabila terjadi situasi Kontijensi dan Darurat agar dilaksanakan secara cepat, tepat dan tegas sehingga dampaknya tidak sampai dalam lingkup yang lebih luas. Gunakan Sarana dan Prasarana yang telah disediakan sehingga Pelaksanaan Pengamanan berjalan optimal.

Terakhir Brigjen Pol Gatot Subroto menghimbau agar sebelum pelaksanaan tugas diberikan arahan yang jelas sehingga para stakeholder mengetahui tugas dan tanggungjawabnya saat memimpin pengamanan di lapangan.

Sebanyak 7.000 Personil Jajaran Polda Jatim dilibatkan dalam Pengamanan Peringatan Hari Buruh (Mayday) 1 Mei 2016. Adapun Polrestabes Surabaya sendiri menyiapkan sekitar 2500 Personil Gabungan dari TNI, Polri dan Pemerintah Kota Surabaya.***day