Petugas Polrestabes Surabaya Pamwal CJH Kloter 44 Hingga Keberangkatan ke Juanda

Polrestabes Surabaya (01/08/2018) : Serangkaian kegiatan dalam pengamanan dan pengawalan Calon Jamaah Haji (CJH) di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) terus dilaksanakan oleh petugas dari Polsek Sukolilo, Polrestabes Surabaya, dan Polda Jatim serta sejumlah petugas jajaran samping.

Dalam pelaksanaan tugas kali ini, dalam waktu 1X24 jam, dari pukul.08.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB di Asrama Haji Sukolilo Jl. Manyar Kertoadi 1-6 Surabaya petugas melaksanakan Pengamanan Kedatangan dari daerah dan Pemberangkatan CJH Embarkasi Surabaya.

Pada pukul 08.00 WIB, bertempat di lapangan Manasik AHES petugas melaksanakan apel serah terima Pengamanan Haji 2018, yang di pimpin oleh Kanit Binmas Polsek Sukolilo selaku Padal IPDA Boediono Oetojo yang diikuti oleh Intelkam Polda Jatim 1 personil, Sat Brimobda Polda Jatim 3 personil, Intelkam Polrestabes 2 personil, Sat Sabhara Polrestabes 3 personil, Srikandi 3 personil, Sat Lantas Polrestabes 4 personil, dan Polsek Sukolilo 10 personil.

Dalam arahannya, Boediono Oetojo menyampaikan, kloter 46 asal Kabupaten Lamongan sudah masuk AHES, diharapkan seluruh anggota menyesuaikan diri di pos masing-masing. Dari seluruh anggota yang bertugas di AHES, anggota dibagi dalam 2 pos, yakni pos belakang (Hall Mina dan Hall Zaitun) dan pos depan (Hall Bir Ali).

“Jaga Kebersihan Pos Asrama Haji, dan jangan sampai kosong, laksanakan tugas pengamanan ini dengan tanggung jawab dan jadikan tugas ini sebagai amal ibadah,” ujar Boediono.

Usai melaksanakan apel pergantian petugas, anggota menyambut kedatangan CJH di AHES kloter 46 dengan jumlah 450 orang asal Kabupaten Lamongan yang terdiri dari 445 orang CJH dan tambah 5 orang petugas haji, yang diketuai oleh Ahmad Sarwo.

Selanjutnya CJH di arahkan masuk ke hall Zaitun untuk melaksanakan Pemeriksaan Administrasi (paspor biometri), pengecekan kesehatan dan pemeriksaan koper. Rencananya CJH akan menginap sementara di AHES di Gedung C2, D2, dan E1.

Kemudian, petugas mengawal kloter 44 asal daerah Kabupaten Pacitan, Kabupaten Tuban, dan Kota Surabaya serta Kabupaten Bojonegoro untuk memasuki gedung Bir Ali, yang langsung diarahkan menuju ke lantai 2 guna menerima pengarahan dan pemberian uang Living Coast. Setelah itu sebelum masuk bus para jamaah di lakukan screening barang bawaan.

Lalu pada pukul 16.36 WIB, CJH kloter 44 diberangkatkan menuju bandara Juanda. CJH kloter 44 ini terdiri dari asal Kabupaten Pacitan 239 CJH, Kabupaten Tuban 123 CJH, Kota Surabaya 76 CJH dan Kab Bojonegoro 7 CJH serta 5 orang Petugas kloter 44 yang diketuai oleh Agus Hadi, dengan menggunakan 12 bus Damri dikawal oleh Patwal Polrestabes Surabaya.

“Setelah mengamankan dan mengawal CJH kloter 44, petugas kemudian melanjutkan pengamanan dan pengawalan terhadap CJH kloter berikutnya, yakni kloter 45 asal Kabupaten Lamongan, pada pukul 16.30 wIB,” jelas Boediono.

CJH Kloter 45 asal daerah Kabupaten Lamongan ini, diarahkan untuk memasuki gedung Bir Ali dan langsung diarahkan menuju ke lantai 2 guna menerima pengarahan dan pemberian uang Living Coast. Setelah itu sebelum masuk bus, CJH dilakukan screening barang bawaan.

CJH kloter 45 ini sendiri diberangkatkan pada pukul 19.15 WIB menuju bandara Juanda. CJH kloter 45 asal Kabupaten Lamongan sebanyak 445 dan 5 orang Petugas kloter, dengan Ketua Kloter Akhyar. CJH berangkat menggunakan 12 bus Damri yang dikawal oleh Patwal Polrestabes Surabaya.

Laporan : Pos Pam AHES Polrestabes Surabaya.

Editor : Saiful.