Pawas Polsek Tandes Cek Kondisi CCTV Tahanan

IMG-20180318-WA0211Polrestabes Surabaya, 20/03/2018 : Kamera CCTV bukanlah barang baru lagi dan sudah menjadi kebanyakan orang selalu memasang kamera pengawas untuk membantu pengamanan. Sama halnya dengan Polsek Tandes yang sudah lama menerapkan konsep pengawasan ruang tahanan menggunakan CCTV.

“Monitor CCTV bukan sebagai tontonan, tetapi sebuah alat untuk membantu kita dalam mengawasi sesuatu dari jarak jauh menjadi lebih mudah secara real-time maupun rekaman,” kata Piket Pawas Polsek Tandes AKP Zainur Rofik saat mengecek monitor CCTV tahanan diruang penjagaan mapolsek, Senin (19/3/2010) dini hari.

Dijelaskan Kanit Lantas ini, hasil gambar atau video yang didapat kamera CCTV bukan untuk ditonton tapi dianalisa bagaimana pergerakan, pretensi, dan keadaan lingkungan dan tahanan.

“CCTV ini bisa kita akses melalui internet, tetapi tidak dibagikan ke publik dan bersifat internal,” tuturnya.

Lebih jauh dia menyampaikan, jika petugas jaga tahanan ingin melihat langsung kondisi tahanan maupun ruangannya dapat dilihat langsung di layar monitor.

“CCTV Polsek Tandes sudah terkoneksi terpusat, yakni diruang comment center Polrestabes Surabayara. Jadi dengan CCTV, dapat untuk menganalisa keadaan, pergerakan, dan prediksinya. Monitor CCTV jangam dianggap sebagai pajangan,” paparnya.

Kendati demikian, dia meminta anggota piket tahanan maupun piket fungsi lainnya tetap melakukan ‘cek and ricek’ secara langsung terhadap tahanan mapun lingkungan kantor,” ujarnya.

“Peralatan ini (CCTV) sangat membantu dan bermanfaatdalam pelaksanaan tugas. Kualitas CCTV yang kita miliki punya kemampuan lensa bisa dizoom,” tegasnya. (des)