Nekad Beraksi di Perkampungan, Jambret ini Berhadapan dengan Tim Anti Bandit Polsek Sawahan

Polrestabes Surabaya (18/07/2018) : Aksi pencurian dengan kekerasan kian nekad melancarkan aksinya. Tak hanya di Jalan Raya seperti pada umumnya, namun kini para pelaku kejahatan mulai beraksi ke perkampungan.

Dalam ungkap kasus jambret kali ini, Tim Anti Bandit Polsek Sawahan Polrestabes Surabaya menangkap satu dari dua pelaku pencurian dengan kekerasan (jambret) di depan sebuah  rumah perkampungan di Jl. Kedungdoro, Surabaya.

Gilang Trim Mulya Putra (21) warga Jl. Putat Jaya Punden, Surabaya. Pelaku jambret yang ditangkap Tim Anti Bandit ini, beraksi bersama seorang temannya berinisial TO yang saat ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) menjambret sebuah handphone.

“Pelaku yang tertangkap berperan sebagai joki motor, sedangkan temannya yang berperan sebagai pemetik, saat ini masih dalam buruan Tim Anti Bandit,” ujar Kapolsek Sawahan, Kompol Dwi Eko Budi Sulistiyono, S.Sos.

Dwi Eko Budi Sulistiyono menuturkan, aksi jambret yang terjadi Selasa, 17 Juli 2018 ini, terjadi pada pagi hari, yakni sekitar pukul 06.00 WIB. Saat itu, korban yang masih berusia sekitar 15 tahun, duduk sendirian didepan rumah sambil mainan HP.

Tiba-tiba dari sebelah kanan korban ada dua orang laki-laki yang tidak dikenal, dengan berboncengan sepeda motor mendekati korban. TO yang dibonceng  Gilang, langsung merampas HP korban menggunakan tangan kiri.

“Pelaku menarik paksa hand phone yang berada di kedua tangan korban. Namun waktu itu, ada tetangga korban yang mengetahui aksi perampasan HP ini, sehingga tetangga tersebut berteriak jambret,” tutur Dwi Eko.

Sontak teriakan itu didengar oleh tetangga lainnya, dan Tim Anti Bandit yang saat itu juga sedang melaksanakan patroli disekitar TKP (Tempat Kejadian Perkara) yang juga mendengar teriakan itu, langsung melakukan penangkapan.

Lebih lanjut, Dwi Eko menjelaskan, sebelumnya akhirnya Gilang sang joki tertangkap, ketika TO mendengar teriakan tetangga korban, ketakutan dan mengembalikan HP yang baru saja dirampasnya. Setelah mengembalikan HP kepada  korban, TO langsung melarikan diri ke arah Jl. Arjuno, Surabaya.

“Saat ini pelaku yang berperan sebagai joki bersama dengan barang bukti satu unit HP dan 1 unit motor sarana pelaku, kita diamankan di Polsek Sawahan,” pungkas Dwi Eko Budi Sulistiyono.***cda

Laporan : Kasi Humas Polsek Sawahan.

Editor : Saiful.