Kebersamaan TNI-Polri Dalam Menciptakan Kamtibmas Melalui Patroli Wilayah Dan Sambang Warga

Polrestabes Surabaya (2/11/2018) : Dalam rangka harkamtibmas dan kebersamaan guna terciptanya situasi kamtibmas wilayah aman kondusif terkendali, Kapolsek Rungkut Kompol I Gede Suartika SH MH bersama Danramil Rungkut Mayor Chb Suprianto yang didampingi personil gabungan TNI-Polri, baik Polsek Rungkut maupun Koramil Rungkut melaksanakan kegiatan melalui peningkatan patroli wilayah dan singgah sambang warga, sekaligus menjalin komunikasi bersama FKPM hingga dini hari, Jumat 2 Nopember 2018.

“Sinergitas melalui tiga pilar harus terus tetap dijaga dan terjaga dengan baik, karena kebersamaan dalam tiga pilar, merupakan wujud perwakilan kehadiran pemerintah ditengah-tengah masyarakat” ucap Kompol I Gede Suartika.

Kegiatan patroli wilayah tersebut melibatkan 18 personil (8 TNI dan 10 Polri) menggunakan sarana roda dua dan roda empat, melintasi daerah-daerah rawan sekitar Jalan Raya Rungkut Asri, Rungkut alang-alang, Kalirungkut, Ir Soekarno Merr, Kedung Baruk, Pandugo, hingga singgah dan menjalin komunikasi bersama FKPM Nirwana Eksekutif Wonorejo.

Melalui jalinan komunikasi bersama di Sekretariat FKPM (Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat) di Wonorejo Permai, patroli gabungan TNI-Polri ditemui Bpapak Djoko Suwondo sebagai Ketua FKPM Wonorejo bersama warga dan petugas satpam dipemukiman, hingga terjalin komunikasi yang penuh dengan keakraban dan kebersamaan.

Dilakukan pula pembinaan dan penyuluhan (binluh) tentang tata cara antisipasi kerawanan, terutama menjelang Pileg maupun Pilpres 2019 mendatang, dengan mewaspadai gejolak sosial dilingkungan masyarakat yang bisa terjadi sewaktu-waktu, sehingga selalu dapat terjalin dalam kebersamaan.

Warga maupun pengurus RT dan RW diharapkan juga peduli terhadap lingkungan, dan sebagai pengurus, diharapkan juga dapat mempersatukan warga, dan tidak mudah terprovokasi, terutama terkait pembakaran bendera HTI. Demikian pula jalinan komunikasi antar warga yang perlu ditingkatkan agar bisa saling mengenali karakter berikut aktifitas warga dilingkungan dalam kegiatan sehari-hari.

Untuk itu pengurus kampung juga diharapkan dapat berperan aktif dalam menciptakan kamtibmas dilingkungan, waspadai pula berita-berita hoax yang menyesatkan, hingga membuat masyarakat resah. Berita-berita hoax yang belum tentu jelas kebenarannya dapat memicu provokasi hingga meresahkan warga, untuk itu dihimbau agar jangan mudah terprovokasi berita hoax.

Melalui kegiatan patroli dan binluh yang dilakukan diharapkan dapat tercipta kebersamaan, guna terciptanya situasi kamtibmas lingkungan wilayah kondusif terkendali.***Sta

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*