Kawal Keberangkatan Calon Jamaah Haji, Polrestabes Surabaya Siapkan Pengamanan

Polrestabes Surabaya (15/07/2018) : Menyambut datangnya bulan haji 1439 H, yang mana dalam bulan ini, menjadi bulan istimewa bagi umat Islam yang sudah mampu untuk melaksanakan rukun Islam ke lima, yakni menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekah.

Oleh karena itu, guna mengantisipasi berbagai kerawanan saat keberangkatan maupun kepulangan Calon Jamaah Haji (CJH), Polrestabes Surabaya, menggelar apel pasukan menjelang dilaksanakannya pengamanan dan pengawalan calon jamaah haji.

Kabag Ops. Polrestabes Surabaya, AKBP Bambang Sukmo Wibowo seusai memimpin apel pasukan mengatakan, personel yang terlibat dalam pengamanan ini terdiri dari 25 personel, kemudian Polsek 15 personel dan ditambah dari jajaran Polda Jatim 15 personel.

“Sedangkan untuk kloter yang berangkat dari embarkasi Surabaya adalah 83 kloter yang terbagi menjadi tiga daerah. Di Kota Surabaya sendiri, kemudian dari Nusa Tenggara Timur, Kemudian dari Bali. Semuanya Total semuanya 37.055 orang,” kata Bambang.

Sedangkan dari sekian banyak CJH, Bambang mengungkapkan, yang paling besar adalah di Surabaya dengan total CJH 35270 orang. Sedangkan dari Bali 700 orang, dan dari NTT 670 orang.

Sementara itu, untuk sistem pengamanan sendiri, Polrestabes Surabaya membagi  menjadi 3 ring pengamanan. Dari Jalan Raya sampai dengan mengarah ke asrama haji, itu menjadi perhatian pengamanan di ring 3, yang berarti termasuk pengawalan.

“Kemudian masuk ke lokasi itu ada di ring 2, sampai dengan ke tempat parkir bus. Disini karena nanti seluruhnya jamaah dari luar yang turun dari bus, kemudian masuk ke dalam asrama. Namun sebelum masuk asrama, terhadap jamaah terlebih dahulu dilakukan screening,” ujar Bambang.

Lebih lanjut, Bambang mengungkapkan, untuk pengamanan di ring 1, ini dilakukan di Bir’ali. Di tempat tersebut, seluruh jamaah haji akan dilakukan pemeriksaan akhir sebelum akhirnya diberangkatkan ke tanah suci Mekah.

“Pengecekan akhir yaitu mengenai administrasi, ada imigrasi di situ, kemudian ada kami juga. Kemudian dilaksanakan pemeriksaan bukan hanya orang namun termasuk dengan barang,” jelasnya.

Terkait kebiasaan masyarakat, khususnya warga Jawa Timur, yang pada umumnya beramai-ramai mengantarkan keluarga saat keberangkatan haji hingga ke bandara, Bambang menghimbau agar masyarakat tidak perlu mengantar hingga ke Asrama Haji.

“Percayakan kepada panitia, bahwa standarisasi keamanan dari Polisi, kemudian standarisasi kesehatan dan sebagainya sudah disiapkan dengan baik. Termasuk juga, kami menyiapkan lokasi parkir. Kami kerja sama dengan pihak Galaxy untuk lokasi parkir yang cukup untuk parkir bus,” himbaunya.***cda

Laporan : Humas Polrestabes Surabaya.

Editor : Saiful.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*