Kapolsek Wonokromo Mengikuti Upacara Bendera Dalam Rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 73 Tahun 2018

Polrestabes Surabaya (17/08/2018) : Bertempat di halaman Sekolah SMPN 12 Jl. Ngagel Kebonsari Surabaya, Kapolsek Wonokromo (Kompol I. Gede Suartika, SH) beserta Ibu Ratna Gede Suartika mengikuti Upacara Bendera dalam rangka Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73 Tahun 2018.

Tanggal 17 Agustus selalu menjadi tanggal penting bagi bangsa Indonesia, karena merupakan hari Kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia pertama kali memproklamirkan kemerdekaannya.

Upacara pengibaran bendera selalu digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI.

Upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI tidak hanya digelar oleh instansi pemerintah maupun BUMN saja, akan tetapi seluruh elemen masyarakat juga turut serta memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut.

Tujuan pelaksanaan upacara bendera ini tidak lain agar masyarakat dapat merasakan makna kemerdekaan yang sesungguhnya dan susunan upacara bendera peringatan HUT RI muaranya adalah pada terbentuknya semangat nasionalisme.

Ada banyak tujuan yang dicapai dari pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT kemerdekaan RI antara lain :

1. Mengenang perjuangan pahlawan bangsa. Upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengenang dan juga menghargai jasa-jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur memerjuangkan kemerdekaan.

2. Memperkuat persatuan dan kesatuan.
Upacara bendera HUT RI dapat menjadi momentum yang tepat untuk semakin menguatkan persatuan dan kesatuan selurung elemen bangsa sebagai cara memaknai kemerdekaan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh semua warga negara.

3. Meningkatkan cinta tanah air. Pelaksanaan upacara bendera HUT RI yang berlangsung secara khidmat dapat menjadikan peserta upacara lebih mencintai tanah air dan bangga sebagai bangsa Indonesia, sehingga jiwa nasionalisme dan patriotisme akan meningkat.

4. Upaya refleksi diri. Kekhidmatan dalam upacara dapat dijadikan untuk refleksi diri para peserta upacara agar bisa melakukan sesuatu yang lebih baik bagi Indonesia dan menghargai jasa – jasa para pahlawan bangsa.

Bertindak selaku Inspektur upacara adalah Camat Wonokromo (Tomi Ardiyanto, AP, S.Sos, M.Si), sedangkan selaku Komandan Upacara adalah Kanit Binmas Polsek Wonokromo (Ipda Abdul Kodir, SH), Perwira Upacara (Sri Indra Mulyono, SH) Kasie Trantib Kecamatan Wonokromo, Komandan Kompi terdiri dari jajaran Koramil dan Polsek Wonokromo, Pasukan Pengibar Bendera Sang Merah Putih dari Siswa – siswi SMKN 1 Surabaya, Paduan suara dari Siswa – siswi SMPN 12 Surabaya, Pembaca UUD 1945 oleh Drs. Kadarusman (Guru SMPN 12 Surabaya) dan Pembaca Doa oleh Kepala KUA Kecamatan Wonokromo (H. Moch. Ali, S.Ag, M.HI).

Pasukan Upacara terdiri dari :

✓ TNI – Polri = 1 sst.
✓ Satpol PP / Linmas = 1
sst.
✓ Guru UPTD Cabang
Diknas = 1 sst.
✓ Karyawan / Karyawati
Kelurahan dan
Kecamatan
Wonokromo (Korpri) =
1 sst.
√ Tenaga Honorer,
Keamanan dan
Kebersihan Kelurahan
dan Kecamatan
Wonokromo = 1 sst.
✓ TP PKK Kecamatan
Wonokromo = 1 sst.
✓ Karang Taruna
Kecamatan
Wonokromo = 1 sst.
✓ Para Guru SMPN 12
Surabaya = 1 sst.
✓ Para Pelajar SMK
Brawijaya, SMA Hang
Tuah 4, SMPN 12,
SMPN 48, SDN
Ngagelrejo 2 Surabaya.

Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 73 Tahun 2018 dengan Tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa”.

Secara keseluruhan rangkaian kegiatan berlangsung dengan hidmad, aman, lancar dan situasi tetap kondusif.***cda

Laporan : Kasi Humas Polsek Wonocolo.

Editor : Saiful.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*