Kapolsek Gubeng Polrestabes Surabaya Pimpin Pengamanan Unjuk Rasa Mahasiswa Unair

IMG-20170502-WA0154

Polrestabes Surabaya  (02/05/2017) : Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban kegiatan unjuk rasa mahasiswa Unair Kapolsek Gubeng Porlestabes Surabaya, Kompol Agus Bahari PA, Sik. SH, Msi memimpin langsung pengamanan. Selasa, (02/05/2017). jam 13.30 WIB hingga 15.00 WIB.

Pengamana itu sendiri dilakukan didepan pintu masuk kampus B Unair Jalan Airlangga 4-6 Surabaya. Koordinator aksi, Dony mengatakan, mahasiswa yang berjumlah sekitar 25 orang, yang tergabung dalam LAMRI (Liga Aliansi Mahasiswa Republik Indonesia) itu menuntut beberapa hal kepada pemerintah.

“Dalam memperingati Hardiknas tahun 2017 ini, pemerintah tidak berpihak kepada dunia pendidikan. Pendidikan semakin mahal hanya orang kaya yang bisa kuliah, orang  miskin  tidak bisa menempuh pendidikan tinggi. Undang-undang pendidikan tidak memihak kepada rakyat, universitas mencari keuntungan semua  biaya dibebankan kepada mahasiswa,” kata Dony.

IMG-20170502-WA0153  IMG-20170502-WA0150

Sementara itu, hal lain yang menjadi tuntutan para mahasiswa tersebut adalah berkaitan dengan tenaga kerja. Pemerintah pemihak kepada kaum kapitalis,  upah buruh banyak tidak layak, tidak ada perlindungan kepada buruh, terjadinya PHK sepihak yang semena-mena, dan cabut sistem outcorcing yang merugikan tenaga kerja.

Tidak hanya soal pendidikan dan tenaga kerja, mahasiswa juga melakukan penuntutan hal yang berkaitan dengan PKL di lingkungan kampus. Diantaranya adalah menolak penggusuran, jangan main gusur kepada PKL, dan PKL mau di tata bukan digusur.

Unjukrasa  menutup setengah  jalan  depan pintu masuk Unair yang menyebabkan kemacetan. Setelah dilakukan negosiasi korlap dengan Kapolsek Gubeng,  unjukrasa  bersedia melakukan orasi di pinggir jalan depan pintu masuk kampus B unair tidak menutup jalan raya.

Pada pukul 15.00 WIB unjukrasa selesai  dengan aman dan tertib selanjutnya mahasiswa berangkat unjuk rasa ke depan gedung Grahadi menuntut perbaikan terhadap dunia pendidikan. Pam kegiatan 10 anggota Polsek Gubeng bersama Pam internal  kampus dipimpin Kapolsek Gubeng.***lld

Laporan : Kasi Humas Polsek Gubeng.

Editor : Jibril.