Jelang Misa Natal, Polrestabes Kerahkan Tim Gegana dan Unit Satwa K9 Sterilisasi Gereja di Surabaya

Advertisement

Surabayaraya.com – Sterilisasi merupakan salah satu bagian dari SOP pengamanan suatu tempat. Polisi memastikan tidak ada bahan peledak dan bahan berbahaya lainnya, maka dilakukan proses Sterilisasi BOM dari Tim Gegana Polda Jatim.

Gereja-gereja di Surabaya mulai disterilisasi jelang misa natal. Polisi mengerahkan Tim Gegana Polda Jatim dan Unit Satwa K9 (anjing pelacak) dari Satsabhara Polrestabes Surabaya untuk melakukan sterilisasi.

Salah satu gereja yang disterilisasi adalah Gereja Katotik Hati Kudus Yesus di Jalan Polisi istimewa. Dengan membawa peralatan metal detector dan mirror, Anggota Gegana dari Polda Jatim menyusuri setiap sudut gereja untuk melakukan sterilisasi.

“Sesuai dengan arahan bapak Kapolrestabes Surabaya dari 355 gereja di Surabaya, yang diamankan sebanyak 25 gereja dengan jemaah yang lebih dari seribu, kami lakukan sterilisasi,” kata Wakapolrestabes Surabaya AKBP Leo Simarmata, Senin (24/12/2018).

Selain itu, kata Leo, untuk pengamanan gereja-gereja di Kota Surabaya Selama Natal, pihaknya menyiagakan 2 ribu personel dari Polrestabes Surabaya.

“Dua pertiga kekuatan Polrestabes Surabaya dari 3.100 personel, sekitar 2 ribu personel yang dilibatkan untuk pengamanan Natal,” kata Leo.

Dalam pengamanan jemaat gereja yang ingin melaksanankan ibadah misa natal, polisi akan berkoordinasi dengan pihak keamanan gereja. “Nanti yang melakukan pengecekan jemaat dari PAM internal, mereka mendampingi dan mengawasi, agar tidak terjadi ketersinggungan,” tandas Leo.

Ditemui usai memimpin proses Sterilisasi di Gereja Bethani Surabaya, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan identifikasi dan koordinasi dengan para pengurus Gereja khususnya yang memiliki Jamaat yang cukup besar untuk dilakukan Sterilisasi.

Selain Sterilisasi, Polrestabes Surabaya juga meletakkan Pos-pos Pengamanan di Seputar Lokasi Gereja untuk membantu proses Pengamanan. “Mohon doanya Supaya Kondusifitas Kamtibmas Kota Surabaya tetap terjaga selama perayaan Natal hingga Tahun Baru 2019 mendatang,” tutup Kombes Pol Rudi Setiawan.***Day

Advertisement 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*