Iseng Hubungi Call Center 112, Pemuda 20 Tahun Ditangkap Polisi

Surabaya – Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya menangkap serorang remaja berusia 20 tahun atas nama berinisial AY asal Sidoarjo, lantaran dia diduga menyebarkan berita hoak dan meresahkan masyarakat terkait adanya kebakaran di Jalan Jetis Kulon Surabaya.

Awalnya, tersangka pada hari Kamis tanggal 27 Agustus 2020 sekitar pukul 13.00 Wib iseng-iseng menghubungi call center 112 dengan hand phone genggamnya melaporkan adanya kebakaran di Daerah Jetis Kulon Surabaya. Padahal dilokasi tersebut tidak ada kejadian apa-apa (kebakaran. Red).

Menurut penjelasan Waka Satreskrim Polrestabes Surabaya, Kompol M. Wahyudi Latif, SH. S.I.K., M.Si mengatakan perbuatannya itu hanya atas dasar iseng-seng saja. Karena menghubungi call center 112, dengan gerak cepat petugas Pemadam Kebakaran dan Kepolisan stempat langsung mendatangi lokasi.

“Kemudian warga sekitar gaduh dan bertanya-tanya, dan beritanya itu sempat viral.” Jelas Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya, Kompol M. Wahyudi Latif, SH., S.I.K., M.Si, Senin (31/08/2020).

Menaggapi hal tersebut, Unit Resmob Polrestabes Surabaya melakukan penyelidikan terhadap tersangka yang menyebarkan berita bohong tersebut, dan pada hari Jumat tanggal 28 Agustus 2020 berhasil menangkap tersangka atas nama AY di rumahnya yang berlokasi di daerah Bluru Permai Sidoarjo.

“Akbiat perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 14 UU RI No. 01 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana atau pasal 32 ayat (1) Jo. Pasal 48 ayat (1) UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI no. 11 2008 tentang ITE dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.” Pungkas Kompol M. Wahyudi Latif, SH., S.I.K., M.Si.

Beliau juga mengingatkan dan menghimbau kepada seluruh masyakat agar tidak menyalah gunakan media sosial atau tidak menyebarkan berita bohong (hoak) yang dapat meresahkan masyarakat. (f*m)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*