Gerebek Indekos Pengecer, Petugas Polsek Karang Pilang Temukan 5 Gram Sabu-sabu

Hariyanto saat diamankan di Polsek Karang Pilang.
Hariyanto saat diamankan di Polsek Karang Pilang.

Polrestabes Surabaya (15/10/2018) : Hariyono (37) pria paruh baya yang tinggal di indekos di Kedurus, Karang Pilang, Surabaya, tak berkutik saat Unit Reskrim Polsek Karang Pilang melakukan penangkapan terhadapnya.

Hariyono ditangkap petugas lantaran keterlibatannya dalam peredaran Narkotika jenis Sabu-sabu. Dari penangkapan yang dilakukan, petugas menemukan Narkotika jenis Sabu-sabu sebanyak 5 gram yang terbagi dalam 19 poket.

Kapolsek Karang Pilang Kompol Noerijanto mengatakan, penangkapan terhadap Hariyono ini sendiri bermula dari informasi warga tentang adanya seorang penghuni indekos yang kerap menjual Sabu-sabu.

“Kemudian anggota melakukan penyelidikan, sehingga diketahui lokasi pelaku dalam mengemas Sabu-sabu. Setelah diketahui lokasi pelaku, anggota langsung melakukan penggerebekan,” kata Noerijanto.

Saat di gerebek dan dilakukan penggeledahan, dari dalam indekos Hariyanto, petugas menemukan bungkus bekas rokok yang berisi 4 poket Sabu-sabu.

Sejumlah barang bukti yang ditemukan petugas dari indekos Hariyanto.

Tak hanya itu, dalam penggeledahan ini petugas juga menemukan tas warna hijau yang di gantung di dinding kamar indekos Hariyanto. Dari dalam tas ini sendiri ditemukan wadah bekas cotton bud yang berisi 15 poket Sabu-sabu.

“Sebagian sudah dimasukkan ke dalam sedotan yang dipotong pendek. Tersangka mengaku mendapatkan Sabu-sabu itu dengan cara membeli dari orang yang berinisial NC (DPO),” terang Noerijanto.

Sabu-sabu dengan berat total 5 gram itu, dibeli seharga Rp. 5,5 juta. Oleh Hariyanto, Sabu-sabu yang sudah dibeli dibawa kamar indekos dan di kemas menjadi 19 poket untuk selanjutnya dijual kembali dengan harga Rp. 200 ribu perpoketnya.

Mulanya, saat ditemukan kristal-kristal haram ini, Hariyanto mengaku akan digunakannya sendiri. Namun melihat jumlahnya yang sedemikian banyak, petugas melakukan interogasi lebih mendalam sehingga akhirnya Hariyanto mengaku bahwa Sabu-sabu miliknya itu hendak dijual kembali.

Alhasil, dari penggerebekan ini sendiri, petugas menyita barang bukti berupa 19 poket Sabu-sabu dengan total berat keseluruhan 5 gram; 1 buah timbangan elektrik; 1 buah ponsel merek Samsung; 11 buah sedotan; 1 buah bungkus bekas rokok merek Gudang Garam Surya; dan 1 Cotton Bud.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Hariyanto dijerat dengan Pasal 114 (1) juncto Pasal 112 (1) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.***rh

Laporan : Kasi Humas Polsek Karang Pilang.

Editor : Saiful.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*