Demi Mencukupi Kebutuhan Hidup, Ibu Rumah Tangga Menggelapkan Uang Perusahaan

IMG_5288Surabayaraya 12/4/16: Unit Resmob Sat Reskrim Polrestabes Surabaya berhasil menangkap pelaku penggelapan dalam jabatan, Sabtu lalu (9/4). Pelaku dijemput paksa saat berada di luar kota tiga hari lalu.

Pelaku CC warga darmo indah barat Surabaya, di laporkan oleh Sutrisno warga Jemur Wonosari Surabaya, karena telah menggelapkan uang perusahaan. CC Selaku karyawan bagian pembelian dan pembayaran PT.Serba Aneka Sempurna yang bergerak di bidang restoran.

Awalnya pelaku bekerja baik hingga sembilan tahun lamanya. Namun di pertengahan tahun 2014, suami dari pelaku tidak bekerja sehingga kebutuhan hidup tidak tercukupi. Kemudian ibu rumah tangga tersebut mulai menggelapkan uang perusahaannya dengan cara tidak membayarkan tagihan kepada UD. Eta Abadi. Agar tidak ketahuan, pelaku menggunakan sistem gali lubang tutup lubang yaitu membayarkan tagihan saat ini untuk tagihan yang lampau.

Perbuatan pelaku tidak diketahui hingga mengundurkan diri pada awal 2015. Restoran dari perusahaan PT. Serba Aneka Sempurna akhirnya ditutup, namun tagihan dari UD. Eta Abadi masih ada. Dari saat itu di ketahui perusahaan telah dirugikan oleh pelaku sebesar Rp 426 juta dan kemudian pelaku dilaporkan ke pihak kepolisian.

Setelah dilaporkan pada pertengahan tahun 2015, pelaku sempat dimintai keterangan sebagai saksi. Kemudian Sempat menghilang beberapa bulan, pelaku akhirnya bisa ditangkap oleh Unit Resmob polrestabes Surabaya di luar kota.

Barang bukti yang turut diamankan yaitu 6 (enam) bendel Faktur tagihan dari UD. Eta Abadi, 6 (enam) Sus BG, Prin Out rekening bank PT. Serba Aneka Sempurna, Slip gaji atas nama pelaku dan surat pengunduran diri pelaku.

“Karena perbuatanya, pelaku kini mendekam di tahanan polrestabes surabaya. pelaku dijerat dengan pasal 374 KUHP tentang penggelapan dalam jabatan dengan ancaman hukuman paling lama 5 (lima) tahun penjara,” ungkap Kompol Lily Djafar Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya. ***chm