Datangi Polrestabes Surabaya, Ketum PMII Buat Akta Perdamaian

439817e0-6eb0-4520-9d3c-9a11883356e1Surabayaraya.com, Polrestabes Surabaya (21/02/18) : Sempat terjadi kesalahpahaman, Ketua Umum PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Cabang Kota Surabaya datangi Polrestabes Surabaya Jl. Sikatan No. 1 Surabaya untuk meminta maaf. Kedatangannya ke Polrestabes Surabaya selain untuk silaturahmi juga untuk melaksanakan penandatanganan akta perdamaian antara PMII dan Polrestabes Surabaya, Rabu (21/02/18).

Bertempat di ruang kerja Kapolrestabes Surabaya FATHUR ROZI (Ketum PMII Cabang Surabaya) menyampaikan permintaan maaf atas kejadian kesalah pahaman yang berujung pada tindakan represif antara Polri (Polrestabes Surabaya) dengan para kader PMII Cabang Surabaya di DPRD Kota Surabaya pada hari Senin tanggal 19 Februari 2018 saat menyampaikan aspirasi menolak Undang – Undang No. 17 Tahun 2014 tentang Revisi Undang – Undang MD3 (MPR, DPR, DPD dan DPRD).

Atas penyampaian tersebut Kapolrestabes Surabaya menyampaikan agar kedepan dalam menyampaikan aspirasi apapun hendaknya dilakukan secara akademisi seperti simposium yang melibatkan pakar hukum, ahli politik, Legislatif serta mengurangi aksi turun jalan karena dapat mengganggu masyarakat umum lainnya.

Kapolrestabes juga memberikan wawasan tentang RUU MD3 kepada PMII yang akan berdampak luas serta menuai sikap pro kontra di beberapa kalangan termasuk mahasiswa. Namun sebagai aparat Kepolisan harus bisa menciptakan situasi yang aman dan nyaman khsusunya di Kota Surabaya dalam menghadapi setiap dinamika situasi kamtibmas.

15a537b8-143d-408f-a7d4-db1f51139060Atas penyampaian tersebut Fathur Rozi selaku Ketua Umum PMII Cabang Surabaya memahami dan akan menyikapi dengan bijak serta akan menjaga sinergitas Polrestabes Surabaya dan PMII dalam menjaga kondusifitas Kota Surabaya.

Atas pernyataan Fathur Rozi tersebut selanjutnya dituangkan dalam Akta Perdamaian No. 125.PC.XXXVIII.V-04-01-020.A-1.02.2018 tentang Komitment PMII Cabang Surabaya untuk bersinergi dengan Polrestabes Surabaya dengan pola koordinasi dan komunikasi yang baik dalam menjalankan amanah bangsa serta kerharmonisan Negara dengan elemen Mahasiswa.

Pertemuan antara Kapolrestabes Surabaya dan para Mahasiswa ini didampingi Wakasat Intelkam Polrestabes Surabaya, Kompol Edi Hartono, Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol Lily Djafar, Kapolsek Genteng Kompol Ari Trestiawan, dan Kanit VI Satintelkam Polrestabes Surabaya. Sedangkan dari Pihak PMII dihadiri oleh lima orang mahasiswa yang terdiri dari Fathur Rozi (Ketua Umum PMII Cabang Surabaya), Abdul Hayyi (Sekretaris PMII Cabang Surabaya), Gopal (Kader PMII), Haidar (Kader PMII), dan Kholid (Kader PMII).***day