Curi Motor, Tukang Rombeng Dimassa Motornya Dibakar

snhSurabayaraya 03/01/16 : Menjelang sore hari, Minggu (03/01), suasana kampung Tegal Mulyorejo digemparkan dengan ulah dua pencuri motor yang beraksi di siang bolong. Semua warga yang masih menikmati hari terakhir libur tahun baru, semburat keluar rumah. Dari dua pelaku, seorang dintaranya harus menahan sakit akibat amukan warga. Sementara satu pelaku lainnya, berhasil kabur dengan membawa motor hasil curian.

Peristiwa menghebohkan itu terjadi sekitar pukul 14.15 Wib. Saat itu, S-A (27), warga Comberan, Panggung, Pabean Cantikan Surabaya dan temannya masuk ke jalan berpaving tersebut. S-A yang membonceng temannya, berpura-pura menjadi tukang rombeng. Nah, pas di tengah-tengah gang, keduanya melihat sebuah motor mio tak bertuan. Kebetulan suasana gang juga sedang sepi.

Sejurus kemudian, S-A dan temannya berhenti. Teman S-A akhirnya turun dan mencuri motor tersebut. Teman S-A akhirnya pergi dengan membawa motor hasil curian tersebut. Sedangkan Samsul, sedikit tertinggal dengan mengendarai motor satria FU putih yang mereka digunakan untuk beraksi. “Saat pemilik motor tahu kalau motornya dicuri, ia teriak. Kami (warga) pun keluar semua dan menghadang pelaku,” ucap Budi, seorang warga di lokasi kejadian.

Dan benar, warga beramai-ramai menghadang laju kendaraan S-A. Tapi sayang, S-A berhasil menyeburkan dirinya ke kali yang posisinya tepat disamping gang. Motor S-A yang tertinggal, akhirnya dibakar warga hingga tinggal rangka. Sementara S-A yang terjebak di dalam kali akhirnya menyeberang sejauh 10 meter hingga sampai di jalan Wisma Permai. Tapi, rupanya warga juga sudah siap menyambut S-A dibibir kali.

Tak ayal, S-A ditarik keluar dari kali dan menjadi bulan-bulanan warga. Pria dengan tubuh agak gemuk tersebut akhirnya menyerah dengan luka di bagian kepala, punggung serta tangan kanan dan kiri. Beruntung, anggota Unit Reskrim Polsek Mulyorejo akhirnya tiba di lokasi dan menyelamatkan nyawa S-A. S-A pun akhirnya dievakuasi dan dibawa ke RS Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan.

“Pelaku S-A sudah kami antar ke UGD RS Bhayangkara. Hingga saat ini, pelaku dalam keadaan selamat (hidup) meskipun banyak luka akibat amukan warga. Kami juga belum sempat meminta keterangan pelaku. Karena harus menunggu perawatannya selesai. Tapi, kami sudah terjunkan anggota untuk mengejar pelaku satunya yang berhasil kabur,” ujar Kanit Reskrim Polsek Mulyorejo, AKP Nanang.

Sementara itu, sejumlah warga mengaku jika di kampungnya memang kerap terjadi pencurian kendaraan bermotor. Bahkan tercatat, dalam bulan Desember 2015 kemarin, terdapat 5 motor hilang. “Terus terang kami sudah geram terhadap maling-maling motor itu. Kalau nggak ditolong pak polisi, sudah mati itu malingnya,” tandas sejumlah warga.***day