Ciptakan Rute Fiktif, Pengendara Angkutan Online Dibekuk Satreskrim Polrestabes Surabaya

Surabayaraya.com – Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Surabaya Berhasil Mengungkap Kasus Manipulasi Data Transportasi Secara Online.

Keempat Pelaku tersebut adalah FS(28) Warga Gayungsari, DA(25) warga Siwalankerto, AP(26) warga Pucang Adi Gubeng, dan AK(34) Warga Karang Asem Tambaksari Surabaya.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran menyatakan bahwa Modus Operandi yang digunakan adalah salah satu tersangka menjadi anggota Angkutan Online Grab sedangkan yang lain menggunakan aplikasi untuk memanipulasi data.

“Tersangka FS menggunakan tiga handphone yang berisi aplikasi transportasi online dengan delapan handphone fiktif berisi data penumpang/ pelanggan transportasi online,” ujar AKBP Sudamiran.

Dalam prakteknya, tersangka FS sebagai driver tidak mengoperasionalkan, hanya menerima pesanan dari penumpang layaknya SOP di aplikasi transportasi online Grab melainkan melakukan menipulasi data dengan menggunakan Aplikasi Moc Location (Aplikasi untuk membuat rute fiktif).

“Aplikasi tersebut dipasangkan oleh tersangka DA, AP dan AK sehingga seolah-olah Tersangka FS sebagai driver telah menerima pesanan penghantaran dari suatu tempat ke tempat lainnya. Dari kegiatan tersebut, tersangka FS mendapatkan keuntungan Rp. 250.OOO,- per hari dan hal ini merugikan pihak Grab,” lanjut Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya.

Tersangka akan dikenakan pasal 51 Ayat (1) Jo Pasal 35 UU RI No.19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU RI No. 11 2008 tentang Informasi dan Transaksai Elektronik dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.  Dari pengakuan tersangka, aksi ini sudah dilakukan selama satu tahun lebih.

Sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan dari tersangka FS antara lain : 10 Unit Handphone berbagai merk, 1 Modem, 6 ATM. Sedangkan dari tersangka AP, Polisi berhasil mengamankan 1 Unit PC, 1 Monitor, 1 Keyboard, 4 buah Handphone, 2 Handphone dan 1 Buku Administrasi.***day

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*