Cek Kondisi Tahanan, Provos Polrestabes Surabaya Kunjungi Rutan Polsek Tandes

Pawas Polsek Tandes AKP Rofik dampingi Provos Polrestabes Surabaya saat cek ruang tahanan

Pawas Polsek Tandes AKP Rofik dampingi Provos Polrestabes Surabaya saat cek ruang tahanan

Polrestabes Surabaya 28/4/2017 : Guna mencegah adanya tahanan melarikan diri, Jumat (2i/4/2017) dinihari, Polsek Tandes menerima kunjungan mendadak (sidak) dari Provos Polrestabes Surabaya.

Dengan didampingi Perwira Pengawas Polsek Tandes AKP Zainur Rofik, petugas Provos Polrestabes Surabaya dengan sigap melakukan pengecekan langsung kondisi ruang tahanan mapolsek. Satu persatu kamar tahanan diperiksa mulai dari terali besi, plafon, tembok dan CCTV. Barang-barang milik tahanan pun tak luput dari pemeriksaan.

Pawas AKP Zainur Rofik mengatakan, kegiatan pengecekan ini bertujuan guna meminimalisir kejadian yang tidak di inginkan dari ulah tahanan, seperti melarikan diri, bunuh diri, dan sebagainya.

“Pengecekan ini sangat penting sebagai bentuk kesiap siagaan guna meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan keamanan tahanan,” kata Rofik.

Menurut AKP Rofik, dri kegiatan pengecekan ruang tahanan tersebut, secara umum sudah memadai. Begitu pula dengan petugas jaga tahanan dan administrasinya.

‚ÄúDari peninjauan, dilaporkan sudah cukup bagus, CCTV sudah trrpasang dan bisa dimonitor diruang jaga,” ujar Rofik.

Dia menambahkan, dengan adanya pengecekan ini, petugas jaga ataupun petugas piket fungsi agar selalu sigap menyikapinya serta melaporkan bila ada kendala yang terjadi mengenai kondisi ruang tahanan dan penghuninya.

“Kami sampaikan bahwa Provos Polreatabes Surabaya menekankan bagi Piket Pawas dan petugas jaga selalu melakukan kontrol ruang tahanan setiap saat, minimal satu jam sekali meski sudahvterpasang CCTV” tuturnya.***Ars