Antisipasi Berbagai Kerawanan, Polsek Wonokromo Periksa Ruang Tahanan dan Penghuninya

Polrestabes Surabaya (10/07/2018) : Sebelum dilaksanakan serah terima tugas dan tanggung jawab piket jaga, petugas piket jaga lama dan baru wajib melaksanakan pengecekkan ruang tahanan dan jumlah tahanan yang dipimpin oleh Perwira pengawas (Pawas) yang bertugas pada saat itu dan didampingi petugas piket Provost.

Pengecekan tahanan rutin dilakukan sebelum melaksanakan serah terima tugas piket jaga sekaligus untuk mengecek tahanan, baik dari segi jumlah, masa penahanan, kesehatan, persedian air bersih, makanan dan kondisi keamanan ruang tahanan itu sendiri.

Dalam pengecekan para tahanan, Pawas atau piket Provost memanggil satu persatu nama tahanan sambil mengecek kondisi kesehatan tahanan.

Selain menghitung jumlah tahanan, anggota piket juga melakukan razia di dalam tahanan, razia ini bertujuan untuk menghindari adanya barang – barang berbahaya atau terlarang yang tidak diperbolehkan masuk kedalam ruang tahanan, karena bisa saja barang – barang tersebut bisa membahayakan tahanan atau bahkan dapat membuat tahanan melarikan diri.

Kapolsek Wonokromo (Kompol I. Gede Suartika, SH) selalu menekankan kepada Pawas dan petugas piket jaga agar tetap waspada dalam melaksanakan tugas jaga tahanan, jaga jarak dengan tahanan itu penting, karena bisa saja sewaktu – waktu tahanan melakukan hal diluar dugaan kita, “tegasnya.

Hasil pengecekan jumlah tahanan lengkap dan dalam keadaan sehat, begitupun dengan persediaan air bersih cukup, serta ruangan dalam keadaan bersih dan keamanan ruangan berupa dinding, jeruji dan gembok dalam kondisi baik, “jelas Iptu Ristitanto selaku Pawas.***cda

Laporan : kasi Humas Polsek Wonokromo.

Editor : Saiful.