Ajukan Kredit Mobil Abal-abal, Empat Pelaku Tipu Gelap Ditangkap Petugas Polsek Wonocolo

Polrestabes Surabaya (19/10/2018) : Aksi penipuan dan penggelapan kendaraan bermotor kembali diungkap Unit Reskrim Polsek Wonocolo. Dalam ungkap kasus tipu gelap ini, sebanyak 3 orang pelaku ditangkap.

Ketiga pelaku tersebut masing-masing adalah Hendro Pridianto (29) asal Jl. Salak, Bangkalan, Madura; Kristanto Prasetyo (33) warga Jl. Lakarsantri, Surabaya, dan Supriyono (53) asal Desa Mulung, Driyorejo, Gresik.

Untuk dapat melakukan tipu gelap, Hendro selaku surveyor sebuah leasing meminta tolong kepada Kristanto untuk mencarikan orang yang mau digunakan untuk atas nama kredit mobil.

Kepada Kristanto, Hendro menjanjikan uang sebesar Rp. 3 juta sebagai imbalan. Kristanto yang merupakan sales marketing sebuah dealer di Jl. Diponegoro, Surabaya pun menyanggupinya.

Selanjutnya Kristanto menemui Supriyono untuk dijadikan atas nama pengajuan kredit mobil. Setelah di rayu, Supriyono akhirnya berkenan digunakan namanya untuk pengajuan kredit mobil karena dijanjikan imbalan sebesar Rp. 2,5 juta oleh Kristanto.

“Dalam hal ini, antara Kristanto dan Supriyono memiliki hubungan keluarga sebagai paman dan keponakan,” ujar Kapolsek Wonocolo Kompol Budi Nurtjahjo.

Setelah Supriyono bersedia digunakan namanya untuk pengajuan kredit, Hendro selanjutnya melakukan survey terhadap Supriyono dan segera menyetujui pengajuan kredit mobil.

Ketika pengajuan kredit disetujui, Prasetyo hanya diberi imbalan sebesar Rp. 2 juta oleh Hendro. Dari imbalan dua juta itu, sebesar Rp. 1,5 juta diberikan kepada Supriyono, dan sisanya, yakni Rp. 500 ribu sebagai bagian Prasetyo.

Setelah mobil dikirim ke rumah Supriyono, keesokan harinya mobil tersebut diambil oleh Hendro dan digadaikan kepada seseorang bernama Agung di daerah Jombang dengan harga Rp. 40 juta.

Atas kejadian ini, pihak leasing kemudian melaporkannya ke Polsek Wonocolo. Saat ditindaklanjuti, Unit Reskrim Polsek Wonocolo tiga orang pelaku, yakni Hendro Pridianto, Kristanto Prasetyo, dan Supriyono dapat ditangkap.

“Ketiga pelaku selanjutnya kita amankan di Polsek Wonocolo dan kasus tipu gelap ini masih kita kembangkan,” tandas Budi Nurtjahjo.***rh

Laporan : Kasi Humas Polsek Wonocolo.

Editor : Saiful.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*